Jumat, 21 April 2017

Hak dan Kewajiban

Setiap orang yang bekerja pasti akan mendapatkan upah. Demikian juga setiap orang yang melakukan kewajibannya di dalam melayani Tuhan dan sesama, maka orang itu boleh menuntut haknya. Sayangnya beberapa orang Kristen hanya tahu menuntut haknya, tanpa mau melakukan kewajibannya.

Herannya orang Kristen semacam itu hari-hari ini semakin banyak. Mereka hidup sesuka hatinya, tanpa mempedulikan Firman Tuhan, tetapi setiap hari menuntut Tuhan untuk memberkati mereka.

Emang sih Tuhan Yesus itu Murah Hati, tetapi bukan memperlakukan seperti begini juga. Seakan-akan Tuhan dijadikan pohon uang atau pohon berkat atau pembawa hoki saja. Sehingga ketika Tuhan tidak atau belum memberkati mereka, maka mereka menjauhkan diri dari Tuhan.

Lalu apakah yang harus kita lakukan? Yang harus kita lakukan adalah melakukan semua kewajiban kita, maka kita boleh menuntut hak kita kepada Tuhan. Lagipula Tuhan itu tak pernah berhutang kok. Setiap kali kita melakukan perbuatan yang benar, pasti Tuhan akan memberikan upah yang merupakan hak kita. Silahkan dibaca dari kejadian sampai wahyu, tidak pernah sekalipun Tuhan melupakan umat-Nya, setiap kali umat-Nya melakukan kebenaran, pasti akan diberi upah oleh-Nya, entah upah jasmani saat masih di dunia ini, entah upah rohani yang akan mereka terima di sorga nanti.

Lain hal bila Tuhan memberikan karunia atau anugerah kepada kita. Bisa dikatakan ini adalah hadiah dari Tuhan. Yang namanya hadiah itu bukanlah hasil kerja keras atau usaha kita, melainkan sebuah pemberian dari Tuhan untuk kita. Sering kali hadiah dari Tuhan itu diluar batas pemikiran kita, seperti ada tertulis di dalam 1 Korintus 2:9  Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Akhirnya marilah kita belajar untuk membedakan manakah Hadiah dari Tuhan, Hak kita dan kewajiban yang harus kita lakukan kepada Tuhan. Setiap orang yang melakukan kewajibannya pasti akan menerima upah atau haknya dari Tuhan. Jadi jangan takut, dan tetaplah melakukan kewajiban kita kepada Tuhan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar